Ini Pesan Mendalam RM Wibisono Saat Dialog Dengan Ratusan Pelaku UMKM dan Usaha Kreatif Yogya

BERITANET.ID : Pendamping usaha mikro dan kewirausahaan mandiri (UMKM) dan usaha kreatif, RM Wibisono adakan pertemuan dengan pengusaha-pengusaha muda yang ada di Yogyakarta, Sleman dan Bantul.

Pada pertemuan yang mengusung semangat Muda Berdaya Yogyakarta itu, ia bercerita mengenai perlunya kejelian dalam menjalankan sebuah usaha, selain itu, pengusaha muda ini juga meminta hadirin untuk sabar dan telaten dalam menjalankan usahanya.

Ada sekitar 300 an wirausahawan muda yang datang dalam acara dialog yang ia adakan. Hadirin datang untuk mendengar penjelasan dan dialog mengenai strategi pengembangan bisnis yang selama ini lakukan terhadap pelaku UMKM dan usaha kreatif.

“Ini saya berbagi ilmu dan pengalaman dengan kawan-kawan pengusaha muda di wilayah Yogyakarta, Bantul dan Sleman. Saya harap ini bisa berikan dampak positif dalam membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar RM Wibisono, Sabtu sore (6/8/2022).

Program pelatihan bagi wirausahawan muda kali ini dilakukan di Hotel Pandanaran, Yogyakarta.

Dari pantauan dilapangan, kegiatan tampak meriah diikuti ratusan peserta yang antusias mempelajari strategi peningkatan dan pengembangan bisnis yang disampaikan RM Wibisono.

Selain penjelasannya yang menarik, sosok pribadinya yang ramah dan muda ini juga turut menyita perhatian peserta.

Seperti salah satu pengusaha muda yang bergerak dalam industri kerajinan kulit di Bantul, Agung, yang menyatakan jika penjelasan yang disampaikan RM Wibisono cukup bisa menginspirasinya dalam menjalankan, mempertahankan dan mengembangkan usaha yang selama ini dilakoninya.

“Orangnya masih muda tapi pengalaman yang ia ceritakan sangat menginspirasi,” ujar Agung.

Begitu juga dengan pengusaha isi ulang parfum di Sleman, Cindy. Ia menyatakan sosok muda, ganteng dan ramah yang dimiliki RM Wibisono bisa menjadi daya tarik tersendiri yang perlu dipelajari.

Ia mengaku jika dalam bisnis mikro yang ia jalankan, selain kualitas produk dan strategi marketing yang harus diperhatikan, strategi penyampaian penawaran produk, pakaian, gerak tubuh dan kenyamanan bersikap menjadi poin penting yang harus dijalankan.

“Beliau banyak menginspirasi. Coba nanti akan saya terapkan pelan-pelan sama teman-teman. Doain berhasil ya mas,” ujarnya dengan riang. (Red)