Warga Di Ponjong Dapat Bantuan Pipanisasi Anggota DPR RI Gandung Pardiman

Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Golkar Drs HM Gandung Pardiman MM bantu membangun jaringan pipa air minum di Ponjong Gunungkidul (ist)

BERITANET.ID: Krisis air bersih yang selama ini dialami oleh warga dusun Bendogede dan Ngampelombo Sumbergiri Ponjong Gunungkidul, kini sudah teratasi.  Anggota  Komisi VII DPR RI Fraksi Golkar Drs HM Gandung Pardiman MM yang menerima keluhan dari masyarakat langsung merespon dengan tindakan nyata dengan membangun jaringan pipa air minum dengan memanfaatkan sumber air yang di tempat tersebut.

Adapun peletakan batu pertama pembangunan program pipanisasi air di Dusun Bendogede 1 dan Ngampelombo, Kalurahan Sumbergiri Kapanewon Ponjong, telah dilakukan oleh anggota DPR RI dari fraksi Partai Golkar dapil DIY pada Sabtu (4/9). Pembangunan sarana prasarana air bersih ini mampu mengatasi kekeringan kurang lebih 350 KK dua dusun di Desa Sumbergiri.

“ Jika sebelumnya pada musim kemarau warga harus membeli air tangki, melalui program ini akan mampun mengatasi kekeringan atau kesulitan air bersih,” kata  Anggota DPR RI Drs HM Gandung Pardiman MM.

Selain peletakan batu pertama pembangunan pipanisasi, Drs HM Gandung Pardiman MM juga membantu pembangunan sejumlah titik Penerangan Jalan Umum (PJU) . Sehingga kondisi dusun di Bendogede 1 dan Ngampelombo menjadi lebih maju. Pembangunan sarana pipanisasi air, lanjutnya, akan mampu untuk mendorong perkembangan masyarakat. Baik untuk pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pertanian, dan potensi yang ada di masyarakat.

“  Kebutuhan air yang cukup, nantinya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Lurah Sumbergiri Suharjono menuturkan, masyarakat menyampaikan terimakasih kepada Drs HM Gandung Pardiman MM karena telah membantu pembangunan pipanisasi air , sehingga kekeringan yang dialami warga setiap tahun nantinya akan mampu teratasi. Termasuk bantuan sarana JPU tentunya akan mendorong kemajuan dusun maupun kalurahan di Sumbergiri. Juga dukungan untuk pengembangan olahraga voli bagi karangtaruna di Sumbegiri.

“ Berbagai dukungan maupun bantuan ini akan menjadi semangat bagi masyarakat untuk mengembangkan potensi UMKM, pertanian, peternakan dan potensi di masyarakat Sumbergiri,” katanya.

Sementara Dukuh Ngampelombo Sumarti , menyampaikan rasa syukur dan terimakasih. Karena program yang dinantinya masyarakat akhirnya dapat diperoleh. Jika sebelumnya warga terpaksa harus membeli air tangki, ke depan dengan adanya program pipanisasi akan mampu menyasar langsung ke rumah warga. Kesulitan air bersih akan mampu teratasi.

“ Harapannya ke depan , khususnya Ngampelombo bisa memperoleh tambahan pembangunan Sumur Bor, sehingga akan semakin mendorong peningkatan pengembangan sektor pertanian, peternakan  dan UMKM,” ujar Sumarti berapi – api.

Sedangkan Camat Ponjong Agung Danarta memberikan apresiasi kepada Drs HM Gandung Pardimann MM, karena program di Sumbergiri ini mampu membantu pemerintah dalam memberikan layanan kebutuhan air bersih. Sehingga tentunya akan meringankan beban pemerintah dalam menyediakan air bersih bagi masyarakat.

Kegiatan dihadiri Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto SKom MM,  Waket DPRD yang juga Ketua DPD Golkar Heri Nugroho SS, Ketua Yayasan GPC yang juga Sekretaris DPD Golkar  Syarief Guska Laksana SH,   Fraksi Golkar DPRD  Eri Agustin SE ( Ketua Komisi A) , Jumiran (Komisi C), Sarjana (Komisi B), Gunawa SE (Komisi D), Penewu Ponjong Agung Danarta MSE, Lurah Sumbergiri Suharjono, Lurah Ponjong  Jaiz Arif Al Fauzi, Dukuh Bendogede 1 Yudha Pranata, Dukuh Ngampelombo Sumarti dan masyarakat. Melalui Yayasan GPC, Drs HM Gandung Pardiman MM juga membantu untuk pengembangan olahraga voli di Bendogede dan Ngampelombo. Termasuk membantu untuk kelompok arisan ibu-ibu PKK senilai Rp 5 juta. (Red)