Sosok Pengganti Hanafi Rais : Ibnu Mahmud Billaludin

BERITANET.ID – Sosok pengganti mantan anggota DPR RI dari Fraksi PAN Hanafi Rais perlahan mulai terkuak.

Kekosongan kursi DPR RI, wakil PAN dari DIY tampaknya akan segera usai. Proses Pergantian Antar Waktu (PAW) di internal partai disebut sudah selesai dilaksanakan.

Dinamika pergantian Hanafi terbilang menarik, karena calon kuat yang memperoleh suara kedua tertinggi dari PAN yakni Yuni Astuti akhirnya juga memilih mundur.

Kandidat terkuat bergerak pada sosok Ibnu Mahmud Billaludin, yang mendapat perolehan suara ketiga di bawah Hanafi dan Yuni pada pilkada 2019 lalu.

Ibnu diketahui merupakan Wakil Sekjen DPP PAN, dan lebih banyak menjalankan tugas di Jakarta. Namun ternyata ia merupakan politisi asli Bantul yang juga sempat menjadi calon legislatif dari daerah pilih Jawa Tengah.

Kepada wartawan, Sabtu (1/5/2021), Ibnu mengungkap sudah mendapat penunjukan dari partai untuk menggantikan Hanafi Rais di DPR RI. Surat dari partai disebut Ibnu kini sudah diserahkan ke DPR RI untuk nantinya ditindaklanjuti ke KPU dan Presiden.

“Saat ini saya mengikuti prosesnya saja, mungkin tahapannya sekitar satu sampai tiga bulan. Kalau sudah dari partai kan sudah kewenangan antar lembaga, jadi nanti kalau sudah selesai partai mendapat pemberitahuan terkait pelantikan dan sebagainya itu,” ungkap Ibnu.

Ibnu sendiri menyadari kekosongan serapan aspirasi sudah cukup lama terjadi di DIY, pasca mundurnya Hanafi Rais. Ia pun mengaku akan berusaha merawat konstituen PAN di DIY sekaligus menyampaikan aspirasi masyarakat melalui jalur legislatif.

“Kami jelas akan meneruskan komitmen merawat konstituen. Di sisi lain, kami juga berupaya mempercepat konsolidasi, karena ada faktor eksternal dan internal yang harus dihadapi. PAN harus solid dari segala lini, ini yang berusaha kami wujudkan nanti,” lanjut dia.

Sosok Ibnu Mahmud sendiri tercatat pernah menjadi calon legislatif di DIY pada tahun 2004 lalu bergeser ke Jawa Tengah pada 2009 dan 2014. Namun pada 2019, partai menugaskannya untuk mencalonkan diri di DIY hingga mendapat suara ketiga terbanyak di bawah Hanafi Rais dan Yuni Astuti dengan total 6.627 suara. (Red)