Sikap JGW Soal Pembangunan Saluran Bawah Tanah di Ponjong

Direktur Eksekutif Jogjakarta Government Watch (JGW), Muhammad Dadang Iskandar

BERITANET.ID: Pelaksanaan pembangunan proyek saluran bawah tanah (SBT) di Kapanewon Ponjong Kabupaten Gunungkidul memasuki tahap awal.

Proyek dengan pagu anggaran mencapai Rp 18,4 miliar ini sangat dinantikan masyarakat guna penyediaan air baku bagi warga Gunungkidul.

“Kami mendorong agar proyek itu berjalan dengan baik serta memberikan manfaat bagi masyarakat. Air bagi masyarakat Gunungkidul merupakan hal yang vital sehingga adanya proyek ini memberi angin segar bagi mereka,” kata Direktur Eksekutif Jogjakarta Government Watch (JGW), Muhammad Dadang Iskandar di Gunungkidul, Rabu (7/4).

Pria asli Playen tersebut mengatkan, JGW mendukung penuh jalannya pembangunan tersebut. Seperti diketahui, lelang proyek pemerintah itu telah diumumkan dan dimenangkan oleh PT Aquatec Rekatama Konstruksi (ARK) asal ibukota Jakarta.

“Proses saat ini tahapan habis kontrak dan tahap awal proses pengerjaan pelaksanaan proyeknya di lapangan. Kami terus mendukung pelaksanaan pengerjaan proyek tersebut, karena ini menyangkut kepentingan bagi warga Gunungkidul,” katanya.

JGW yang sempat mengikuti jalannya proses lelang menilai PT ARK pantas memenangkan tender ini lantaran paling memenuhi syarat. Harga yang diajukan juga wajar dan administrasi lelang diajukan benar serta paling lengkap dibanding perusahaan peserta lelang lainnya.

Rekam jejak perusahaan ini juga terbilang baik. PT ARK telah bertahun-tahun bermitra dengan pemerintah dalam hal pengerjaan proyek, baik di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) maupun dinas-dinas hingga di lingkungan BBWS SO.

“Perusahaan ini milik seseorang bernama Pak Thomas. PT ARK ditangannya selama ini memang baik reputasinya. Komitmennya dalam memegang proyek selalu baik, sehingga tak pernah meninggal sisa pengerjaan dalam setiap pembangunan yang dilakoninya,” imbuh Dadang.

Ia berharap pengerjaan SBT di Ponjong tersebut tetap dilakukan oleh PT ARK, bukan dialihkan kepada sub kontraktor lain. Dengan langsung dikerjakan perusahaan yang mumpuni diharapkan nantinya hasil yang dicapai juga akan maksimal.

Dadang juga meminta agar proyek tersebut dapat dikerjakan dan selesai tepat waktu. JGW dan masyarakat Gunungkidul siap mengawal pembangunan tersebut dari awal hingga akhir agar keberadaannya dapat segera dirasakan manfaatnya oleh warga. (***)