Sekolah Tatap Muka Siap Dibuka di 14 Provinsi, Ini Peringatan Satgas

BERITANET. ID :Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, sebagaimana yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Januari lalu, terdapat 14 provinsi yang dinilai siap melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Di antaranya Provinsi Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Maluku Utara, Bangka Belitung, Kepulauan Riau dan Sulawesi Barat.

Sejauh ini belum ditentukan tanggal pembukaan sekolah. Pemerintah tengah menuntaskan surat keputusan bersama (SKB) terkait pembelajaran tatap muka. Di mana SKB ini akan mengatur secara detail pelaksanaan pembelajaran tatap muka.

“Pembukaan sektor pendidikan di 14 provinsi tersebut harus dilakukan secara bertahap, sesuai dengan prinsip pembukaan sosial ekonomi untuk masyarakat, yang tetap produktif dan aman Covid-19,” katanya dalam konferensi persnya, Kamis (25/3/2021).

Wiku mengingatkan, adanya kelonggaran ini harus dijalankan secara hati-hati oleh institusi pendidikan. Terutama perlu adanya pengawasan ketat oleh pemerintah daerah.

“Adanya kelonggaran yang diberikan oleh pemerintah, mohon pelaksanaanya dilakukan dengan penuh kehati-hatian, dengan pengawasan ketat dari pemerintah daerah,” ujar dia.

Dia meminta agar institusi yang melakukan pembelajaran tatap tetap waspada dan siap melakukan pengetatan jika diperlukan.

“Untuk instansi pendidikan yang sudah melakukan pembukaan mohon terus waspada dengan situasi terkini dan bersiap dengan pengetatan kembali jika diperlukan melalui screening secara berkala,” pungkasnya. (Red)