Dilaporkan ke Komnas HAM, Sultan HB X: Tidak Apa-Apa

BERITANET.ID: Aliansi Rakyat untuk Demokrasi Yogyakarta (ARDY) melaporkan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) karena polemik Pergub Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengendalian Pelaksanaan Pendapat Di Muka Umum Pada Ruang Terbuka. Terkait hal itu, Sultan tidak mempermasalahkannya.

“Tidak apa-apa, biarin aja. Nanti terserah keputusannya saja. Kan keputusannya kan bukan pidana, keputusannya dicabut (Pergub yang dipermasalahkan), diperbaiki atau tidak, kan hanya itu,” kata Sultan saat ditemui di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta, Jumat (19/2/2021).

Bukan tanpa alasan, hal itu karena Ngarsa Dalem menghormati proses hukum berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Terlebih, setiap masyarakat memiliki hak untuk melaporkan suatu kejadian atau masalah ke ranah hukum.

“Tidak apa-apa, biarkan saja, ini proses hukum diberi ruang,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, ARDY yang beranggotakan puluhan jaringan masyarakat sipil melaporkan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X ke Komnas HAM.

Aliansi yang beranggotakan 78 lembaga non-pemerintah dan individu pro-demokrasi tersebut melaporkan Sultan dengan cara mengirimkan surat bermaterai melalui Kantor Pos Besar Yogyakarta ke alamat kantor Komnas HAM di Jakarta pada hari Selasa (16/2/2021).

Pelaporan itu dilakukan karena Sultan mengeluarkan Peraturan Gubernur Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengendalian Pelaksanaan Pendapat Di Muka Umum Pada Ruang Terbuka. (Red)