Aksi Simpatik Wartawan Kulonprogo Rayakan Hari Pers Nasional 2021, Bagi Sembako dan Tanam Pohon

CAPTION: Bupati Kulon Progo Sutedjo menanam pohon dalam peringatan Hari Pers Nasional 2021 yang dihelat Paguyuban Wartawan Kulon Progo Minggu (7/2/2021)

BERITANET.ID : Paguyuban Wartawan Kulonprogo (PWK) menanam 300 tanaman buah-buahan dan tanaman keras di kawasan Embung Blubuk, Pengasih, Kulonprogo, Minggu (7/2/2021). Ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang dilaksanakan insan media di Kulonprogo.

Ketua PWK Asrul Sani mengatakan, peringatan HPN ini dilaksanakan secara sederhana lantaran masih dalam masa pandemi Covid-19. Peringatan dilaksanakan secara terbatas dengan melakukan penanaman 100 bibit Jambu Dalhari, 50 Jambu Kristal dan 50 sengon.

Penanaman pohon ini, menjadi upaya mendukung program masyarakat dan pemerintah dalam mewujudkan agrowisata di kawasan ini. Bahkan jika dirawat dengan baik kedua jenis jambu ini sudah akan berbuah dan bisa dipanen kurang dari satu tahun.

“Harapan kami, kawasan ini menjadi agrowisata yang bisa mengerakkan pariwiata dan pertanian,” kata Asrul di sela penanaman pohon.

Embung Blubuk sengaja dipilih, lantaran menjadi destinasi wisata baur di Kulonprogo. Setiap akhir pekan banyak wisatawan datang untuk menikmati panorama alam di kawasan ini yang satu rangkaian dengan Embung Bogoran. Masyarakat setempat juga antusias mengembangkan objek wisata berbasih panorama alam.

Sehari sebelumnya, wartawan juga membagikan 100 paket sembako di Kalurahan Triharjo, Kapanewon Wates berupa beras, telur, minyak gula dan mie instan kepada warga miskin terdampak Covid-19. Selain itu juga dibagikan 50 paket kepada Panti Asuhan Muhammadiyah Wates.

“Biasanya kami melaksanakan bedah rumah tidak layak huni, karena dalam masa pandemi kami ganti dengan baksos dan penanaman pohon,” katanya.

Acara penanaman pohon ini dihadiri oleh Bupati Kulonprogo Sutedjo, Wabup Fajar Gegana, Ketua DPRD Akhid Nuryati, dan sejumlah kepala dinas. Bupati mengapresiasi kegiatan ini, karena di tengah kesibukannya, wartawan masih memiliki kepedulian dengan melaksanakan baksi sosial pembagian sembako maupun penanam pohon.

“Ini bukan kegiatan pertama, hampir setiap tahun kami selalu bersama wartawan ikut bedah rumah. Meski mereka masih muda-muda, tetapi memiliki kepedulian yang tinggi,” kata Sutedjo.

Rangkaian HPN ini akan ditutup dengan sarasehan dengan mengusung tema Pers Profesional Menuju Masyarakat Sehat bangkit dari Keterpurukan Covid-19 yang akan dilaksanakan pada Senin (8/2/2021) di Gedung Kaca Kompleks Pemkab Kulonprogo. Selain itu juga akan diberikan penghargaan kepada para tokoh yang peduli informasi dan menginspirasi masyarakat. (Red)