Hino Fokus Jualan Truck Sampah Canggihnya Ke Kota Kecil 
sdr

YOGYAKARTA: PT. Hino Motors Sales Indonesia kian bersemangat memasarkan seri truk sampah canggihnya, Compactor, ke berbagai instansi pemerintah daerah tahun 2019 ini.

Sejak resmi menjual seri compactornya ke pemerintah daerah tahun 2016 silam, Hino menyatakan pemerintah di sejumlah kota besar ramai-ramai mengalihkan penggunaan truk sampah konvensional (dump sampah) menjadi compactor.

“Sejumlah kota besar Indonesia sudah mulai beralih memakai truck compactor ini, sekarang focus kami menggarap kota-kota lain yang masih memakai truck konvensional untuk mengangkut sampahnya,” ujar Indra Bagus Rachmadi, Koordinator Penjualan Area Jawa Government Sales Operation PT. Hino Motor Sales Indonesia di Yogyakarta Rabu 20 Maret 2019.

Indra menuturkan truck Hino Compactor yang mengusung mesin Dutro 130 HD ini penjualannya tertinggi masih di DKI Jakarta, yang sejak awal menggunakan Compactor Hino Seri 500.

“Jakarta masih tertinggi permintaan untuk compactor ini, setiap tahun ada permintaan untuk seri compactor itu,” ujarnya.

Indra menuturkan, DKI Jakarta rata-rata pengadaan truck compactor yang harganya di kisaran Rp 1,5 miliar ini sekitar 30 unit. DKI Jakarta sendiri telah memborong unit compactor sejak 2017 silam sebanyak 91 unit.

Sedangkan kota besar lain seperti Bandung, Surabaya, Batam, Medan dan Denpansar juga mulai menyusul beralih ke compactor juga. Dengan permintaan sekitar lima sampai 10 unit per tahun.  

Peralihan penggunaan truck sampah compactor itu karena factor ramah lingkungan, karena truck sudah dilengkapi peralatan modern untuk memadatkan sampah secara otomatis di bagian bak. Sehingga air tetesan sampah bisa diminimalkan dan tidak menetes ke jalan saat proses pengangkutan. Seri compactor ini memiliki kapasitas mulai 10 meter kubik; 12 meter kubik; dan 15 meter kubik.

Untuk mengajak pemerintah daerah lain ikut menggunakan seri compactor ini, Indra menuturkan akan memberikan contoh daerah yang sudah lebih dulu menerapkannya.

Hanya saja pihaknya mengakui, meski gencar memasarkan seri compactor ini, untuk produk truk sampah konvensional atau seri dump truck tetap disediakan seperti biasa sebagai pilihan. (Ad.Wic)