Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 Putaran Kedua Kembali Digelar

BERITANET.ID : Kegiatan otomotif di Jogjakarta semakin menggeliat. Salah satunya dengan kehadiran putaran kedua Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022. Akan berlangsung pada 13 hingga 14 Agustus 2022 di Jogja Donokerto Rally Course, Donokerto, Turi, Sleman.

Bertempat di Hotel Artotel Suite Bianti, Jumat 5 Agustus 2022, digelar press conference sebagai rangkaian awal gelaran otomotif tersebut. Hadir sebagai narasumber, ketua panitia pelaksana Yuda Mahesa Sidharta, perwakilan STIE Mitra Indonesia Racing Team Gambir, perwakilan Bank BPD DIY Munaryati, dan inisiator acara Gustilantika Marel Suryo Kusumo.

‘’Setelah sukses menggelar putaran pertama Mei 2022, Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 putaran kedua akan kembali digelar oleh Gumregah Jogja Motorsports bekerjasama dengan STIE Mitra Indonesia Racing Team,’’ jelas Yuda, Jumat (5/8).

Selain menargetkan 70 team sprint rally dari berbagai kota di Indonesia, event ini menghadirkan 20 UMKM dan kelompok pegiat wisata di Kalurahan Wonokerto dan Donokerto, Turi, Sleman.

‘’Akan disiarkan live melalui channel Youtube Piala Raja Sprint Rally Yogyakarta,’’ kata Gambir.

Semangat pemberdayaan masyarakat yang dikemas dalam konsep sport tourism di event ini bertujuan menghidupkan ekosistem otomotif, khususnya dunia sprint rally yang bersinergi dengan sektor-sektor ekonomi kreatif lainnya seperti UMKM dan pariwisata.

‘’Dengan digelarnya event ini kami berharap berdampak positif pada berbagai sektor ekonomi khususnya masyarakat di Kapanewon Turi, Sleman terlebih di masa-masa bangkit dari pandemi covid-19 ini,’’ ujar Munaryati.

Akan ada 16 kelas sedeed dan non-seeded dilombakan.
‘’Point atau pencapaian nilai peserta akan diakumulasikan hingga putaran ketiga pada Oktober 2022 untuk memperebutkan Piala Raja Sri Sultan Hamengku Buwono X. Deretan nama-nama sprinter rally ternama baik dari Jogja, Jawa Timur, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dipastikan akan ambil bagian memacu mobil terbaik mereka di sirkuit Donokerto Jogja Rally Course,’’ ujar Marel.

Panitia mengapresiasi Pemprov DIY, Pemkab Sleman, Kapanewon Turi, Kalurahan Donokerto, Kalurahan Wonokerto.

‘’Semoga acara berkonsep sport tourism ini akan menghidupkan ekosistem otomotif Jogja dan sekitarnya. Termasuk memutar roda perekonomian masyarakat Turi. Kami bekerja sama dengan UMKM dan karang taruna setempat,’’ kata Yuda. (Red)