Rumah Rusak Terdampak Angin Kencang, Warga Kota Yogya Dapat Bantuan Golkar DIY

BERITANET.ID : Ketua DPD Partai Golkar DIY, Drs HM Gandung Pardiman bersama jajaran mengunjungi warga Kota Yogyakarta yang rumahnya rusak (atap rumah terbang) karena diterjang angin kencang (puting beliung), Minggu (8/5). Selain menyapa dan memberi semangat warga terdampak, Gandung Pardiman juga memberi bantuan untuk meringankan beban mereka.

Hari itu, ada tiga titik lokasi di wilayah Kota Yogyakarta yang dikunjungi Partai Golkar DIY. Yaitu di RT 38 dan 39, RW 11 Kelurahan Demangan Gondokusuman, Kampung Sanggrahan RT 05 RW 02 Kelurahan Semaki Umbulharjo dan RT 13, RW 04 Miliran Umbulharjo.

Bantuan yang diberikan Partai Golkar DIY kepada warga antara lain, beras, uang tunai, genteng dan atap galvalum. Tak hanya itu, Partai Golkar DIY juga menerjunkan tim relawannya untuk membantu warga memperbaiki rumah.

Gandung Pardiman menuturkan, sebagai bagian dari warga masyarakat, keluarga besar Partai Golkar DIY ikut berpartisipasi membantu warga terdampak untuk membangun kembali rumah atau fasilitas umum (seperti pos ronda) yang rusak.

“Fasilitas umum sangat penting untuk kegiatan sosial warga, maka kita akan perbaiki,” terang Anggota Komisi VII DPR RI di sela kunjungan. Turut hadir Ketua DPD Golkar Kota Yogyakarta Agus Mulyono dan Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Yogyakarta Bambang Seno Baskoro.

Menurut Gandung, Partai Golkar DIY mempunyai bidang yang menangani masalah bencana (bencana alam dan sosial). Sehingga jika terjadi bencana, ralawan tanggap bencana Partai Golkar DIY selalu sigap tampil menangani bencana tersebut dan membantu warga. “Bukan sebatas slogan semata, Partai Golkar melakukan aksi nyata membantu masyarakat,” katanya.

Ketua Paguyuban Warga Pengok Blok F, Mas Agus Eko Praktika mengatakan, di wilayahnya setidaknya ada 20 rumah yang rusak. Karena genteng atap berterbangan, menjadikan rumah bocor, sehingga banyak perabot dan barang elektronik di dalam rumah yang terguyur air hujan. Warga pun berinisiasi kerja bakti gotong royong memperbaiki rumah warga yang rusak.

Ketua RW 11 Demangan, Bambang Dwi Suko Widodo mewakili warga mengucapkan terima kasih kepada Golkar DIY atas bantuan yang diberikan, terutama perhatiannya sehingga mengangkat moril warga yang sedang tertimpa musibah. “Kecuali dari BPBD Kota Yogyakarta yang kemarin sudah memberi bantuan, baru Pak Gandung yang pertama kali memperhatikan warga. Kami sangat senang,” katanya.

Sedangkan di Kampung Sanggrahan (RT 05, 06, 07) RW 02 Kelurahan Semaki, ada 20 rumah yang rusak, 3 di antaranya rusak berat. Ketua RT 05 Dwi Yunanto mengatakan, bantuan dari Golkar DIY akan digunakan untuk memperbaiki rumah warga hingga layak huni. Senada, Maryono, warga RT 13, RW 04 Umbulharjo sangat berterima kasih mendapat bantuan dari Golkar DIY. “Matur nuwun Pak Gandung telah membantu kami, semoga Golkar semakin jaya,” katanya. (Red)