Candi Prambanan Coba Pentaskan Lagi Sendratari Ramayana Open Air, Ini Respon Wisatawan

BERITANET.ID  : Wisatawan yang menyempatkan berkunjung ke Candi Prambanan pada libur lebaran kali ini menjadi saksi kembali dipentaskannya pertunjukkan populer destinasi itu, Sendratari Ramayana Open Air.

Sebab, selama masa libur lebaran ini,  Sendratari Ramayana secara perdana kembali dipentaskan di ruang terbuka berlatar Candi Prambanan itu selama tiga hari. Yakni pada tanggal 3, 5 dan 7 Mei 2022.

“Kami sudah dua tahun tidak show karena Covid-19 dan sebenarnya kali ini pun masih ragu tapi kok ternyata antusias wisatawan luar biasa,” kata
General Manager Teater Pentas Ramayana Candi Prambanan Chrisnamurti Adiningrum Jumat 6 Mei 2022.

Chrisnamurti membeberkan, wisatawan yang sengaja datang menonton pertunjukan perdana Sendratari Ramayana di panggung terbuka pada hari pertama yakni Selasa 3 Mei 2022 ada sebanyak 393 wisatawan.

Lalu di hari kedua Kamis 5 Mei, total ada 477 wisatawan datang menonton pentas legendaris yang digagas pertama kali Letnan Jenderal TNI (purnawirawan) Gusti Pangeran Hario (GPH) Djati Kusumo pada April 1961 silam itu.

“Mereka yang menonton tak hanya dari luar Yogya seperti Jawa Barat, Jakarta,” kata Chrisnamurti.

“Tapi ada juga warga asing seperti dari Amerika, India, Korea dan Perancis,” kata Chrisnamurti menambahkan.

Antusiasme penonton itu, kata Chrisnamurti tak hanya untuk tiket reguler namun juga tiket VIP.

Chrisnamurti menuturkan angka wisatawan yang menonton pertunjukkan perdana ini terbilang istimewa bagi pihak PT. Taman Wisata Candi (TWC) selaku pengelola Candi Prambanan, Borobudur dan Ratu Boko.

Chrisnamurti menambahkan sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia tahun 2020, pertunjukan kolosal Sendratari Ramayana harus dikemas secara terbatas agar tetap bisa menerapkan protokol kesehatan ketat.

Berbagai aturan yang melekat membuat pertunjukan dilakukan secara hati-hati dan mengedepankan kenyamanan dan keamanan semua pihak.

Unit Teater Pentas Candi Prambanan  sendiri tak hanya berhenti pada Sendratari Ramayana yang ditampilkan secara open air. Selanjutkan mereka mempersiapkan pertunjukan dramatari Roro Jonggrang.
 
“Melihat jumlah antusiasme wisatawan, pentas open air seperti ini sangat diminati dan dirindukan,” kata dia.
 
Salah satu penonton asal Jakarta, Dina, mengaku terkesan dengan pertunjukan Sendratari Ramayana. Ia baru pertama kali melihat, merasa puas dengan pertunjukan ini.
 
“Sejak sekian lama ingin ke sini dan ternyata luar biasa, benar benar teatrikal sekali,” kata dia. (Red)