Anggota DPR RI Gandung Pardiman Bantu Korban Bencana Sumbermulyo Bantul

BERITANET.ID: Angin kencang diserta hujan lebat yang melanda wilayah Bantul Yogyakarta, Rabu ( 28/4/2022) petang mengakibatkan puluhan rumah rusak akibat tertimpa pohon yang roboh. Desa yang paling parah adalah desa Sumbermulyo, Bambanglipuro Bantul Yogyakarta. Sebanyak 33 rumah rusak akibat tertimpa pohon dan atap rumah rusak diterjang angin kencang. Hingga Kamis siang proses evakuasi pohon yang menimpa rumah masih berlangsung oleh ratusan relawan.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Gandung Pardiman yang mendapatkan laporan adanya kerusakan rumah yang cukup banyak di Sumbermulyo, kamis pagi langsung meninjau lokasi rumah yang rusak parah akibat tertimpa pohon roboh diterjang angin kencang. Bahkan Gandung Pardiman menurunkan puluhan relawan GPC Handayani untuk mengevakuasi pohon yang roboh menimpa rumah.

” Partai Golkar memiliki Golkar Tanggap Bencana dan pagi ini sebanyak 25 relawan kami turunkan untuk menangani bencana di Sumbermulyo,” ungkap Gandung Pardiman saat ditemui di bencana di Jogodayoh, Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul.

Gandung menambahkan beberapa waktu lalu DPD Golkar merekrut ratusan relawan dan diberi pelatihan penanganan bencana yang dinamakan Golkar tanggap Bencana. Begitu mendengar adanya bencana di wilayah anggota Golkar tanggap Bencana harus bergerak cepat ikut membantu korban bencana.

” Kita harus cepat tanggap dan peduli terhadap bencana yang terjadi. Kami baru dengar kejadiannya rabu petang dan kami perintahkan untuk diturunkan relawan di Sumbermulyo membantu penanganan korban bencana,” tutur Gandung.

Selain membantu penanganan bencana yakni evakuasi pohon yang menimpa rumah, Anggota DPR RI dari fraksi Golkar daerah pemilihan DIY ini juga membantu dana 10 juta untuk para korban bencana yang rumahnya rusak. Bantuan diserahkan kepada Lurah Sumbermulyo Ani Widayani dan sebagian sudah diserahkan langsung kepada korban yang dikunjungi Anggota DPR RI Komisi VII tersebut.

Lurah Sumbermulyo Ani Widayani menjelaskan di wilayahnya ada 33 rumah yang mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon yang roboh diterjang angin kencang. Bahkan ada pendopo yang roboh rata dengan tanah karena diterjang angin kencang. Beruntung tidak ada korban luka dalam peristiwa ini.

” Sejumlah rumah rusak parah akibat tertimpa pohon besar yang roboh akibat diterjang angin kencang. Bahkan ada pohon besar roboh menimpa 3 rumah sekaligus. Tapi untungnya tidak ada korban luka,” ujar Ani Widayani Lurah Sumbermulyo saat mendampingi Anggota DPR RI Gandung Pardiman meninjau lokasi rumah Mugiyono yang teryimpa pohon Munggur yang besar.

Ani Widayani menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Anggota DPR RI yang cepat tanggap dan langsung terjun ke lokasi bencana memberikan bantuan. Bantuan ini sangat bermanfaat dan sangat membantu pihak pemerintah Kalurahan dalam menangani korban bencana. (Red)