ASN Pemkot Positif, Wakil Walikota Yogya Langsung Jalani Swab

BERITANET.ID : Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi dites swab setelah diketahui ada salah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Kominfo)Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) positif Covid-19.
Heroe Poerwadi mengatakan, pihaknya langsung melakukan tracing setelah ditemukan ada satu orang ASN di instansi itu terpapar Corona. Mereka yang diketahui ada kontak erat, dilakukan swab. “Termasuk saya juga swab, karena sempat rapat bareng. Saya dua kali pertemuan, rapat di sini (Balaikota) dan di rumah makan,” katanya saat ditemui di Balaikota Yogyakarta pada Kamis (22/10).
Heroe mengatakan, selain dirinya juga ada sebanyak 12 orang lain di Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian juga dilakukan swab. “Hasilnya semua negatif, saya juga negatif,” ucapnya.
Heroe berkata munculnya kasus Covid di lingkungan Dinas Kominfo ini sekitar seminggu yang lalu. Suami dari salah satu ASN diketahui terpapar Covid-19 yang kemudian meninggal dengan komorbid atau penyakit penyerta.
“Jadi setelah suami meninggal, kami swab semua keluarga. Hasilnya ada dua positif, satu negatif. Istri dan anak bungsunya kena. Mereka isolasi mandiri, karena OTG (Orang Tanpa Gejala),” kata Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Yogyakarta ini.
Pegawai di dua bidang di Dinas Kominfo, yakni bidang peliputan dan media massa juga sempat untuk diminta isolasi mandiri serta swab. “Operasional kantor tidak ada masalah, beberapa bergantian. Besok juga sudah masuk (yang isolasi),” katanya.
Heroe mengatakan, kasus Corona sudah muncul beberapa kali di lingkungan Pemkot Yogyakarta. Yakni, dua kali di Kominfo, kemudian di Dinas Kesehatan, dan di Dinas Kebudayaan. Namun tidak ada yang sampai menyebar.
“Jadi rata-rata tidak ada tambahan sebaran. Semoga karena teman-teman menerapkan protokol yang baik di kantor, sehingga tidak sampai menyebar,” ucapnya. (en)