Menu Click to open Menus
Home » Pojok Jogja » Kuras ATM Pakai Mesin Las, 6 Bandit Digulung Polisi

Kuras ATM Pakai Mesin Las, 6 Bandit Digulung Polisi

YOGYAKARTA: Aksi kejahatan pembobolan mesin ATM kembali terjadi di Yogyakarta.

Kali ini para pelaku yakni MAR (29), AA (43), WD (44), AW (19), DISA (26), kelimanya warga Sumatera Selatan serta AS (44) warga Yogyakarta berhasil digulung polisi dan dijebloskan ke ruang tahanan Mapolres Slemam.

Keenam orang ini dijadikan tersangka dalam kasus pembobolan mesin ATM yang berada di Jalan Wates Kilometer 6,5, Dusun Pasekan Kidul, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman.

Kasat Reskrim Polres Sleman, AKP Deni Irwansyah mengatakan, penangkapan keenam tersangka tersebut bermula dari laporan warga yang menyebutkan ada dugaan pencurian di sebuah toko waralaba nasional di wilayah Gamping. Aksi pencurian tersebut terjadi pada tanggal 5 Juli 2020 sekitar pukul 03.30 WIB. Saksi ini menghubungi petugas Polsek Gamping dan diteruskan ke Polres Sleman.

“Akhirnya kami mendatangi lokasi dan melihat ada orang yang tengah melancarkan aksinya,” paparnya, Selasa (4/8/2020).

Ketika sampai di lokasi, ada sebuah mobil yang nampak terburu-buru meninggalkan lokasi. Pihaknya langsung melakukan penyelidikan ke dalam toko dan mendapati AS sedang berusaha membobol mesin ATM di dalam toko tersebut. Saat terpergok, AS warga Yogyakarta tersebut berusaha Iangsung naik ke atap plafon yang dia rusak.

 

Pihaknya langsung memaksa AS untuk segera turun. Dan akhirnya yang bersangkutan bersedia turun, tetapi karena  bertumpu pada kaki yang salah, sehingga cedera. AS lantas dibawa ke Mapolres Sleman untuk menjalani penyelidikan di hadapan penyidik.

“Dari keterangan AS kami mengantongi identitas pelaku lain. Mereka kami tangkap di wilayah Magelang Jawa Tengah,” ungkap Deni.

Di hadapan petugas, para pelaku mengaku tidak hanya satu kali saja melakukan pencurian seperti ini. Namun sebelumnya pelaku juga melakukan aksinya di sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan sekitarnya. Pihaknya masih mendalami apakah mereka merupakan komplotan pembobol ATM lintas daerah

Kelima pelaku asal Sumatera Selatan ini sudah berada di Yogyakarta sekitar 3-4 bulan lalu. Mereka hanya bekerja serabutan dan akibat pandemi COVID-19, kelimanya tidak memiliki pemasukan. Mereka akhirnya sepakat untuk melakulan pembobolan mesin ATM dengan sasaran secara acak.

 

“Mereka mengincar ATM di dalam ruangan seperti toko waralaba. Sehingga tidak kelihatan jika sedang dilas untuk dibobol,” terangnya.

Sejumlah barang bukti diamankan polisi terhadap para tersangka, diantaranya alat las untuk membobol ATM, satu tabung gas 3 kilogram. Satu buah mobil jenis kijang Innova, dua buah obeng, 2 buah linggis, satu kunci lnggris dan sebuah tali tambang warna oranye. Atas perbuatan para tersangka, mereka dikenai pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Ancaman hukuman pidana penjara paling lama 7 tahun

Tags: ,
Categorised in:

Comment Closed: Kuras ATM Pakai Mesin Las, 6 Bandit Digulung Polisi

Sorry, comment are closed for this post.