Menu Click to open Menus
Home » Travel » Dispar DIY: Obyek Wisata Bisa Uji Coba Operasional Terbatas

Dispar DIY: Obyek Wisata Bisa Uji Coba Operasional Terbatas

BERITANET.ID : Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan sektor pariwisata tetap menyesuaikan kebijakan yang diputuskan Pemda DIY yakni diperpanjangnya status tanggap darurat sampai 31 Juli mendatang.

Hal ini merespon perpanjangan tanggap darurat sekaligus rencana pembukaan sepuluh destinasi wisata yang telah didampingi pada Juli nanti.

“Kami akan lakukan uji coba operasional terbatas. Di dalam uji coba terbatas itu obyek wisata sudah boleh menerima tamu,” kata Singgih dihubungi Jumat (26/6).

Singgih mengatakan uji coba operasional terbatas bisa dilakukan pada awal Juli. Ada beberapa ketentuan ketika pengelola akan menggelarnya.

“Tentu dari sisi jumlahnya, asal, dan waktu operasional akan ada batasan. Kami juga akan melakukan monitoring,” katanya.

Singgih mengungkapkan dari sisi jumlahnya akan dibatasi maksimal 50 persen dari kuota kunjungan saat kondisi normal. “Masing-masing pengelola akan menghitungnya. Nanti juga diterapkan sistem reservasi online,” ujarnya.

Singgih menyebut dengan diperpanjangnya status tanggap darurat itu maka sektor pariwisata bisa mempunyai waktu dalam kesiapan new normal. Baik dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), Standar Operasional Prosedur (SOP), sampai sarana prasarana.

Sebanyak sepuluh destinasi wisata di DIY telah didampingi dan menggelar simulasi pada 24 sampai 26 Juni ini. Ada beberapa yang telah menerima kunjungan yakni Pantai Baron dan Kukup, serta Gunung Api Purba Nglanggeran di Kabupaten Gunungkidul. Sedangkan untuk yang belum menerima tamu dalam simulasi yaitu Tebing Breksi di Kabupaten Sleman.

Tags: , ,
Categorised in:

Comment Closed: Dispar DIY: Obyek Wisata Bisa Uji Coba Operasional Terbatas

Sorry, comment are closed for this post.