Festival Bahari Pesona Negri Saruma Halmahera Bakal Meriah

Yogyakarta : Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan mempersiapkan diri untuk menyambut ribuan pelancong asing yang ingin menapak tilas perjalanan sejarah Maluku Utara bertajuk
Festival Bahari Pesona Negri Saruma Halmahera.

Seperti diketahui, pelaut Portugis Ferdinan Magellan atau kerap disebut Magalhains tiba di Maluku Utara pada 1521 lalu. Tahun depan, 2021 tepat 500 tahun pelaut dengan tugas utama dari Kerajaan Spanyol untuk mencari rempah-rempah itu tiba menjejakkan kapalnya di bumi Maluku tepatnya Halmahera Selatan.

Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba mengungkap berbagai hal sudah mulai disiapkan sejak saat ini oleh timnya.

Akomodasi, transportasi hingga keamanan sudah mulai disiapkan untuk memastikan agenda internasional tersebut berjalan dengan baik tahun depan.

“Di Rakernas KSBN ini kami sampaikan apa saja yang kami siapkan dan dukungan apa saja yang kami butuhkan untuk agenda Festival Bahari Pesona Negri Saruma memperingati 500 tahun perjalanan Magellan ke Maluku. Secara umum kami sudah siap menyambut turis baik dari dalam maupun luar negeri,” ujarnya saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) di Gedung PPSDM Kementerian Dalam Negeri Regional Yogyakarta Senin (9/3/2020).

Bahrain menyatakan kesiapan daerahnya menyelenggarakan event internasional yang akan dihadiri wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Sejumlah area maupun event disiapkan di antaranya pantai air panas, festival dayung, snorkeling.
Sekaligus festival ini sebagai kegiatan napak tilas jalur rempah-rempah.

“Kami punya 400 gugusan pulau dengan beragam potensi pariwisata cukup besar. Kami perkenalkan ke dunia luar bahwa di wilayah timur Indonesia ada negeri yang punya potensi,” kata dia.

Sebagai kabupaten pemekaran yang berdiri sejak 17 tahun silam, Bahrain Kasuba bersyukur mampu menyiapkan segala akomodasi termasuk penginapan dan hotel. “Alhamdulillah, kami siap menerima wisatawan dari dalam dan luar negeri,” tambahnya.

Dari Jakarta penerbangan menuju Halmahera ditempuh 3,5 jam. Usai transit di Ternate sekitar 30 menit perjalanan dilanjutkan menuju Halmahera Selatan menggunakan pesawat ATR, seat kurang lebih 72 orang. 

Wit