PSS Sleman Bersiap Gandeng Sponsor Baru Sambut Musim Kompetisi 2020

Yogyakarta : PSS Sleman tengah berfokus menyiapkan musim kompetisi Liga 1 2020 ini lebih tertata sembari masih menggarap pembentukan tim.

Super Elang Jawa segera menggaet sponsor baru pada Januari 2020 ini untuk membiayai perjalanan mereka kelak mengarungi kompetisi.

“Pada Januari 2020 ini kami akan teken kontrak dengan sponsor baru. Belum bisa kami sebutkan tapi logonya akan menempel di jersey PSS musim kompetisi 2020 nanti,” ujar CEO PSS, Fatih Chabanto 2 Januari 2020.

Fatih tak menampik, sponsor menjadi salah satu faktor terpenting agar Laskar Sembada tetap dapat mengarungi musim kompetisi 2020 dengan lancar tanpa kendala berarti. Sponsor pun, ujar Fatih, juga akan untung bekerjasama dengan PSS Sleman.

Sebab berkaca dari musim Liga 1 2019, PSS menjadi tim kedua dengan penonton tertinggi kategori hom, dengan rata rata 19 ribu orang tiap laga kandang. 

Sedangkan secara internal, masih berkaca pada musim lalu, sponsor dibutuhkan melihat kebutuhan tim lain rata rata berkisar Rp 30-50 miliar.

Setelah menjalani Liga 1 2019 sebagai tim promosi, Fatih mencatat, secara internal pihaknya belum mengalami surplus pendapatan. Walaupun pada musim 2019 PSS ditopang tak kurang 20 sponsor untuk operasional klub.

Kini manajemen sedang mengejar pos-pos pendapatan yang bisa dimaksimalkan lebih awal untuk menopang kebutuhan rekrutmen para pemain.

”Kami belum surplus, jadi sponsor ini untuk menopang potensi pendapatan yang bisa diambil di muka seperti negosiasi pemain agar bisa segera dilakukan,” ujarnya.

Untuk rekrutmen pemain sendiri, PSS mengklaim saat ini dari 16 pemain yang direkomendasikan pelatih untuk bertahan sudah mendapatkan separonya.

Pemain pilar yang juga mesin gol PSS Sleman Brian Fereira dipastikan lepas karena sudah merapat ke Madura United. Selain itu, PSS juga kehilangan pilar tengahnya Ricky Kambuaya yang merapat ke Persebaya untuk mengarungi musim 2020.

Adapun trio asing PSS yang bertahan antara lain Alfoso de la Cruz, Yevhen Bhokashvili, dan Guilherme Batata. Sedang pemain lokal pilar yang juga berlanjut masih berseragam PSS seperti Bagus Nirwanto.

Fatih sendiri menargetkan PSS rampung membentuk tim pelatih dulu di awal Januari 2020 baru diikuti pembentukan tim.

“Piala Presiden kan kabarnya akan dimulai bulan Februari 2020, jadi setidaknya Januari ini tim pelatih sudah terbentuk dulu ,” ujarnya.