#AntiNgaret, GrabBike Jamin Pelanggan Cepat Dapat Driver

Yogyakarta: Grab Indonesia tengah mengkampanyekan gerakan #AntiNgaret untuk layanan roda dua nya, GrabBike di delapan kota Indonesia, termasuk Yogyakarta.

Lewat gerakan itu, GrabBike membuat metode agar pelanggan dapat lebih memaksimalkan waktu mereka dengan cara mendapatkan armada lebih cepat.

“Kami memiliki tim pemetaan khusus, yang bertugas mengidentifikasi dan menciptakan titik penjemputan baru di berbagai lokasi di Indonesia, khususnya di Yogyakarta,” ujar City Manager 2-Wheel, Yogyakarta, Grab Indonesia Habdillah Anuraga Kamis 8 Agustus 2019.

Habdillah menuturkan satu cara untuk memudahkan penumpang menuju lokasi jemput, Grab menghadirkan fitur Venues dalam aplikasinya. Venues ini memberikan penumpang panduan visual (foto) dan teks untuk dapat menuju titik jemput terdekat dengan mereka, yang dapat diakses setelah mereka mendapatkan alokasi kendaraan.

Di Yogyakarta, setidaknya tiga lokasi yang selama ini amat padat dilengkapi fitur venues dari Grab ini yakni kawasan Jogja City Mall, Plaza Ambarrukmo, dan Stasiun Yogyakarta Tugu.

Dengan fitur venues di tiga kawasan lokasi padat Yogya tersebut, GrabBike menjamin pelanggannya tak akan terlalu lama menunggu datangnya driver.

Habdillah menambahkan di Indonesia kini, sudah ada lebih dari 5 juta pilihan titik penjemputan bagi pengguna Grab. Penumpang bisa memesan GrabBike lebih mudah dan bertemu dengan mitra pengemudi lebih cepat, karena dapat langsung memilih titik penjemputan dengan deskripsi lokasi yang lengkap.

Selain itu penumpang juga dapat mendaftarkan atau menyimpan berbagai tempat yang sering mereka kunjungi pada aplikasi Grab. Penumpang bisa memilih alamat lengkap serta titik jemput untuk disimpan pada aplikasi. Mereka juga bisa memberikan nama lokasi ini sesuai kebutuhan, Seperti rumah, kantor, sekolah dan lainnya.

“Lokasi-lokasi ini akan tersimpan dalam aplikasi Grab dan pelanggan hanya perlu memilih titik jemput ini pada saat melakukan pemesanan,” ujarnya.

Habdillah menambahkan untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan penumpang dalam proses pemesanan, penumpang juga dapat mengirimkan foto di dalam aplikasi GrabChat untuk titik temu lebih akurat.

Selain itu, penumpang juga dapat mengirimkan pesan suara dalam aplikasi GrabChat untuk memudahkan komunikasi.

“Bisa juga menggunakan layanan GrabNow untuk kecepatan mendapatkan pengemudi,” ujarnya.

Menurutnya, layanan GrabNow ini memampukan penumpang untuk mendapatkan mitra pengemudi yang ada di dekat mereka.

“Layanan GrabNow cocok digunakan ketika melakukan pemesanan di terminal atau stasiun dengan banyak armada GrabBike yang siap mengambil pesanan,” ujarnya.

Habdillah menambahkan Grab sendiri telah memiliki lebih dari 90 orang tim pemetaan di Indonesia yang akan membuat perjalanan GrabBike menjadi lebih optimal.

Tim tersebut bertugas membangun point of interest (POI) dan titik hijau sebagai lokasi penjemputan untuk memudahkan proses perjalanan mitra pengemudi dan penumpang Grab.

“Dengan demikian, rute yang diarahkan juga lebih efisien dan estimasi waktu tiba menjadi lebih akurat dan akan menambah ketepatan waktu,” ujar Habdillah. (Ad.Wic)