Liga 1: Segera Tantang Persija, PSS Fokus Pemulihan

YOGYAKARTA: Tim Super Elang Jawa PSS Sleman memilih memanfaatkan waktu jeda untuk pemulihan penuh pasca menjamu imbang 1-1 Bhayangkara FC di Stadion Maguwoharjo Sleman Jumat 21 Juni 2019.

Sebab pada 3 Juli 2019 nanti, Laskar Sembada harus bertolak menantang kampiun Liga 1 2018, Persija Jakarta di Stadion Patriot.

“Lawan Persija kami rasa masih cukup waktu untuk pemain yang sekarang banyak cedera untuk memulihkan diri 100 persen,” ujar pelatih PSS Sleman Seto Nurdiantoro Jumat petang 21 Juni 2019.

Dalam laga Bhayangkara FC, disebutkan setidaknya ada sembilan pilar PSS cedera dan sedang dalam kondisi fisik tak maksimal namun sebagian tetap ikut latihan dan dimainkan. Yang tak diturunkan karena cedera seperti Purwaka Yudi, Arie Sandy dan Guilherme Felipe de Castro alias Batata.

Sedangkan pemain seperti Dave Mustaine, Wahyu Sukarta, juga Nerius Alom disebut Seto tak bisa tampil prima saat lawan Bhayangkara karena masih belum pulih benar persoalan engkelnya.

“Tentu sambil menunggu pemain pulih, kami persiapkan tim lebih matang untuk menghadapi Persija,” ujar Seto.

Adapun dari laga lawan Bhayangkara FC, Seto telah mendapati titik lemah anak asuhnya sehingga bisa dipersiapkan untuk menghadapi Macan Kemayoran. Seto mengeveluasi sejumlah lini misalnya lini belakang yang diperkuat A. Gufran Rachmadan cs.

“Gufran cs sebenarnya sudah cukup impresif mengamankan, tapi perlu perbaikan dan atur ritme kapan harus bermain slow, cepat, beri umpan,” ujarnya.

Lawan Persija yang terkenal agresif, berkaca dari laga Bhayangkara, Seto mengakui lini tengahnya butuh perbaikan banyak. Khususnya dalam kreativitas menyerang. Sebab kreativitas permainan di lini tengah yang menjadi pengukur sedikit banyaknya peluang gol bisa tercipta.

Seto berharap pressing anak asuhnya yang lemah saat menjamu Bhayangkara bisa muncul optimal saat menghadapi tekanan Persija nanti.

“Kami berharap laga ke depan skil individu yang bagus dari anak anak juga bisa diimbangi kerjasama tim lebih solid,” ujarnya. (Ben)