Open House Sri Sultan HB X, Bisa Pesta Kuliner Gratis!

YOGYAKARTA: Ribuan orang mengantri untuk bersalaman dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X bersama istri GKR Hemas dan juga Wakil Gubernur DIY KGPA Pakualam X bersama sang istri. Ribuan warga tersebut sengaja datang untuk menghadiri open house yang digelar Pemda DIY di hari pertama kerja.

Sekda DIY, Gatot Saptadi, mengungkapkan seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah DIY menggelar acara Open House di hari pertama kerja. Tradisi ini sudah berlangsung setiap tahun untuk memberi kesempatan warga bersilaturahmi dengan Sri Sultan HB X.

Untuk gelaran ini, Pemerintah DIY telah menyiapkan 4.000 porsi makanan. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, menu yang disajikan seperti Soto, Bakso, Mie, Jenang, Nasi Liwet, Teh panas dan beberapa aneka minuman lainnya.

“Harapannya semua warga bisa menikmati sajian makanan yang disediakan oleh pemerintah DIY tersebut. Dan dalam sebulan ke depan, Sultan akan roadshow ke 5 kabupaten/kota,”ujarnya, Senin (10/6/2019).

Antusiasme warga sangat terlihat dalam kegiatan open house tersebut. Meskipun sebenarnya acara baru dilaksanakan mulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB namun sejak pukul 07.00 WIB sudah banyak warga yang datang ke kompleks Kepatihan Yogyakarta tersebut.

Muhammad Sudarban, 80, warga Prawirotaman Yogyakarta mengaku sudah lima tahun berturut-turut tak pernah absen dalam open house yang digelar oleh Gubernur dan Wakil Gubernur tersebut. Bersama anaknya ia mengaku sudah hadir pukul 08.30 WIB.

Menurut laki-laki yang sudah memiliki cucu 7 orang tersebut, ada kepuasan tersendiri jika bertemu dan bersalaman langsung dengan Sultan. Meskipun sudah berusia lanjut, karena kepuasan tersebut maka ia memaksa untuk datang.

“Pokoknya saya harus datang agar bisa bertemu langsung dengan Ngarso Dalem,”tuturnya.(Jun)