Menu Click to open Menus
Home » Bisnis » Faktor Wisata dan Mahasiswa Geliatkan Bisnis Apartemen Yogya

Faktor Wisata dan Mahasiswa Geliatkan Bisnis Apartemen Yogya

YOGYAKARTA: Sejumlah pengembang properti terutama apartemen beberapa tahun terakhir kian gencar mengarahkan bisnisnya ke Yogyakarta.

Sejumlah apartemen pun tumbuh di kawasan yang berada di dekat kampus-kampus dan menyasar target para orang tua yang memiliki anak kuliah di Kota Gudeg.

 “Yogya memang dinilai memiliki potensi besar untuk pengembangan investasi bidang properti, khususnya apartemen,” ujar  Damar Yanda Pawitan, Project Director di PT. Adhi Persada Properti (APP) selaku pengembang Apartemen Taman Melati Yogyakarta dan Dhika Universe Sardjito dalam keterangannya, Kamis 25 April 2019.

Damar menuturkan perusahaannya yang merupakan anak usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbk itu melihat, Yogya belakangan potensial untuk pengembangan bisnis apartemen karena dua factor utama.

Pertama sector pariwisata Yogya yang terus bertumbuh. Kedua, Yogya memiliki sejumlah kampus ternama yang menjadi magnet masyarakat luar Yogya tiap tahun berbondong datang demi menempuh pendidikan tingkat lanjut.

Alhasil, para pengembang yang awalnya berfokus mengembangkan bisnis apartemen di kawasan seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang , dan Bekasi (Jabodetabek), beberapa tahun belakangan bergeser mengalihkan bisnis apartemennya ke Yogya.

Faktor lain yang memicu pergeseran pengembangan bisnis apartemen kea rah Yogya, tak lain karena keberadaan apartemen itu sendiri sebagai fenomena hunian kekinian.

Perubahan kebiasaan mahasiswa milenial yang membutuhkan hunian sesuai gaya hidup kekinian, dinilai membuat permintaan hunian jenis itu meningkat.

PT. Adhi Persada Properti mengaku sudah merasakan respon positif pasar dari proyek apartemen pertamanya di Yogya yakni Taman Melati Yogyakarta yang dibangun tak jauh dari kampus Universitas Gajah Mada (UGM) sejak 2016 silam.

Direktur Teknik dan Pengembangan Usaha PT Adhi Persada Properti Pulung Prahasto menyebut dari 899 unit apartemen Taman Melati Yogyakarta saat ini telah terjual diatas 90 persen.

Melihat respon positif pasar itu, mulai 2018 lalu PT. Adhi Persada Properti kembali membangun dan menawarkan proyek kedua Apartemen Dhika Universe yang lokasinya juga masih berdekatan dengan kampus UGM.

“Dari total 564 unit Apartemen Dhika Universe Sardjito itu, saat ini sudah terjual lebih dari 35 persen dalam waktu kurang dari satu tahun,” ujar Pulung.

Pulung menuturkan perusahannya sebelumnya telah mengembangkan apartemen yang menyasar mahasiswa. Sebelum di Yogyakarta, perusahaan itu juga telah mengembangkan konsep apartemen mahasiswa di sejumlah kota besar, terutama Jakarta dan Bandung.

Beberapa apartemen mahasiswa telah dan sedang dikembangkan, antara lain Taman Melati Margonda di dekat Kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok, Taman Melati Jatinangor di dekat Universitas Padjadjaran di Jatinangor, Taman Melati Surabaya MERR yang berdekatan dengan kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), serta Taman Melati Yogyakarta yang berada di dekat kampus UGM Yogyakarta. (Wit)

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Faktor Wisata dan Mahasiswa Geliatkan Bisnis Apartemen Yogya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.