Menu Click to open Menus
Home » News » Kaum Milenial Muhammadiyah Nyatakan Dukungan ke Jokowi-Ma’ruf

Kaum Milenial Muhammadiyah Nyatakan Dukungan ke Jokowi-Ma’ruf

YOGYAKARTA: Kalangan milenial di Yogyakarta menyataka dukungannya terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin. Kaum milenial yang tergabung dalam Rumah Indonesia Berkemajuan (RIB) sepakat untuk memenangkan pasangan incumbent tersebut.

RIB salah satu komunitas relawan pendukung Calon Presiden nomer urut satu (01) Jokowi-Ma’ruf Amin yang sudah diluncurkan pada Oktober 2018 lalu, kini melanjutkan deklarasi dukungan di beberapa kota besar tanah air. Digawangi oleh Aktivis Muda Muhammadiyah, kali ini mendeklarasikan dukungan di Daerah lstimewa Yogyakarta dengan nama RIB Jogja.

Yogyakarta sebagai poros pendidikan dan kepemudaan sekaligus kota pendidikan menjadi tuan rumah deklarasi ini. Para pendukung Jokowi-Maruf yang berasal dari kalangan Milenial mulai dari mahasiswa dan pelajar di rentang usia muda yang telah memiliki hak pilih ini akan menyuarakan aspirasi terkait harapan pada pemilu yang akan digelar pada 17 April 2019 mendatang.

Koordinator RIB, Velandani Prakosa mengatakan, RIB berkomitmen menyuarakan apresuasi terhadap berbagai kerja nyata yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo selama masa jabatan 2014-2019. Program Nawacita Jokowi pada periode ini dinilai landasan yang tepat dan akan semakin strategis jika itu terus dilanjutkan.

“Apresiasi Jokowi atas usulan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah atas rencana Nawacita jilid 2 yang menekankan pembangunan SDM juga menjadi landasan dukungan RIB,”tuturnya.

Menurutnya penghargaan Presiden Jokowi atas usulan Nawacita Jilid 2 dari PP Muhammadiyah juga menjadi tanggung jawab mereka sebagai kader Muhammadiyah dan bangsa untuk mengawal kebijakan strategis tersebut.

Adapun poin-poin yang dimaksud adalah :

Pertama, menjadikan nilai agama sebagai nila luhur dalam berbangsa dan bernegara, sebagai wujud sila pertama, Ketuhanan yang Maha Esa.

Kedua, menjadikan Pancasila sebagai landasan filosofi serta alam pikir seluruh bangs: dan Negara.

Ketiga, menyusun dan melaksanakan kebijakan ekonomi berkeadilan sosia sebagai usaha untuk mengatasi kesenjangan sosial.

Keempat, mewujudkan kedaulatan bangsa dan negara, sehingga Indonesia bisa menjadi bangsa yang kokoh da berkemajuan.

Kelima, penguatan daya saing sumber daya manusia (SDM) untu berkompetisi di ranah global. Dan yang Keenam, sikap proaktif untuk dunia Islam agar menjadi kekuatan Indonesia selain politik bebas aktif dan melahirkan kekuatan baru sebagai bangsa Muslim terbesar di dunia.

Selain itu juga pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan Jokowi dinilai sebagi pijakan tepat untuk mendorong pembangunan sumber daya manusia yang berkemajuan di masa yang akan datang. Oleh karenanya, RIB dan generasi milenial berharap Jokowi dapat meneruskan segenap pencapaiannya untuk periode selanjutya.

“Kerja-kerja kemanusiaan dan keummatan Presiden Jokowi yang nyata kita rasakan ini tentu perlu kita apresiasi, RIB mendorong generasi milenial yang memiliki aspirasi serupa untuk turut andil menyukseskan kelanjutan kepemimpinan beliau,” ungkap Velandani Prakoso yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat lkatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) periode 2016-2018.

RIB memandang bahwa visi ‘Indonesia Maju’ yang diusung oleh Jokowi-Ma’ruf memiliki persamaan dengan konsep ‘Indonesia Berkemajuan’ yang merupakan aktualisasi dari cita-cita Proklamasi sebagaimana termaktub dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, yakni untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. RIB menilai Jokowi-Ma’ruf adalah pasangan yang memiliki komitmen sekaligus dukungan kuat pada Islam moderat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kesatuan kemanusiaan, kesetaraan dan kebhinekaan.

“Oleh karena itu, masa depan wajah Islam Indonesia yang Islam moderat sangat ditentukan oleh pasangan ini. Kami berpendapat bahwa Jokowi selama ini dengan ‘Kabinet Kerja’ telah bekerja dengan baik,”tambahnya.

Menurutnya, Kabinet kerja memiliki semangat yang sama dengan etos kerja Muhammadiyah yang lebih mengedepankan amal, daripada sekedar retorika clan angan-angan belaka. Karena itu, RIB mendukung Bapak Jokowi melanjutkan kepemimpinan dua periode untuk mewuiudkan ‘Indonesia Maiu dan Berkemajuan’. (ad.Wic)

No comment for Kaum Milenial Muhammadiyah Nyatakan Dukungan ke Jokowi-Ma’ruf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.