Maret, Kebun Binatang Gembira Loka Diserbu Kunjungan Sekolah

YOGYAKARTA: Objek wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta belakangan tak pernah sepi pengunjung. Dalam dua pekan terakhir, tiap harinya obwis  kebanggaan masyarakat Yogyakarta  itu diserbu ribuan pelajar.

     “Pekan lalu sampai siang rata rata jumlah pengunjung sudah hampir mencapai 4000 orang. Rombongan sekolah mendominasi kunjungan,” kata Humas GL Zoo, Eros Yan Renanda Senin (25/3).
     Menurutnya,  angka kunjungan dirasakan meningkat sejak 6 Maret 2019. Maka, hari berikutnya hingga kini pintu tambahan arah barat di Jalan Veteran dibuka. Ini dimaksudkan untuk mengurai menumpuknya pengunjung di pintu masuk utama (timur). Selain itu dimaksudkan  untuk mengurangi   penuhnya parkiran dari bus  dan kendaraan rombongan yang parkir di area  pintu timur. “Karena di pintu barat cukup leluasa untuk parkir bus dan kendaraan lainnya,” tutur Eros.

     Ia menjelaskan,  pintu masuk tambahan arah barat akan dibuka hingga 5 Mei nanti, setelah itu pintu barat tutup kembali karena mulai memasuki puasa ramadan. “Selama bulan puasa hanya pintu utama sebelah timur yang buka karena biasanya sepi pengunjung,” katanya.

     Salah satu rombongan sekolah yang berkunjung ke GL Zoo adalah sekolah internasional, SD Mondial Semarang. “Anak-anak kelas V dan VI saya ajak ke kebun binatang di Yogya ini agar wawaasn di luar kelas meningkat. Supaya mereka mengenal dunia satwa,” kata Kepala Sekolah SD Mondial,  Silvia Ari Kristanti.

    Kunjungan ke GL Zoo yang diikuti 86 siswa dan belasan guru,  dalam rangka “fieldtrip”. Selama di kebun binatang tersebut para siswa ditugasi mencatat nama satwa yang dilihat. Selain itu,  mengelompokkan apakah satwa tersebut termasuk karnivora, herbivora atau omnivora.  “Jadi, khusus siswa kelas VI kami tugasi mencatat, mengisi lembar kerja berkaitan dengan pelajaran IPA,” jelas Silvia. 

(Ad.Wic)