Penanganan Kerusakan Makam Raja-Raja Mataram Tunggu Instruksi HB X

YOGYAKARTA – Pemda DIY belum memastikan kapan akan memulai proses rehabilitasi kompleks makam Raja-Raja Mataram di Pajimatan, Wukirsari, Imogiri Bantul. Ini lantaran proses rehabilitasi masih menunggu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X.

“Untuk proses perbaikan mau seperti apa, kita masih menunggu Ngarso Dalem (Sebutan Sri Sultan HB X),” ungkap Sekda DIY Gatot Saptadi, Rabu (20/3/2019).

Kendati demikian, makam tersebut merupakan kawasan strategis dan termasuk cagar budaya. Untuk itu proses perbaikan harus segera dilakukan.” penanganan kita mulai dari darurat dan permanen, “katanya.

Dijelaskannya pihaknya memastikan dalam satu dua bulan ke depan bisa segera diperbaiki.” Memang kita menunggu saran Gubernur setelah beliau meninjau lokasi, ” tandas Gatot.

Saat ini pihaknya menutup sementara ke Makam yng kini menjadi salah satu tujuan wisata di DIY. Upaya melakukan penelitian ala dilakukan sebelum kompleks tersebut dibuka untuk umum.” Sementara kita tutup dulu untuk umum, “ulasnya.

Dari penelusuran, proyek pelebaran kompleks makam Raja-Raja Imogiri dilakukan pada tahun 2015 lalu. Anggaran yang dihabiskan itu sebesar Rp 5, 9 miliar. Namun hanya berselang beberapa bulan, terjadi keretakan sehingga dilakukan perbaikan dengan anggaran sebesar Rp 2,3 miliar di tahun 2017 lalu. (ad.wic)