Keren, Motor Damkarnya Viar !
dav

YOGYAKARTA: Saat sejumlah pabrikan motor roda tiga mulai membuat seri motor pemadam kebakaran atau damkar yang luwes blusukan gang-gang sempit, PT Triangle Motorindo selaku produsen Viar Motor telah lebih dulu mencicipi gurihnya bisnis di segmen motor multiguna itu.

Viar memiliki seri andalan motor damkarnya yang bernama Viar Karya 200 H PPK (Pertolongan Pertama Kebakaran) yang sudah dipasarkan melalui system pengadaan e-katalog pemerintah sejak pertengahan 2018 lalu.

“Sejak Juni sampai Desember 2018, permintaan bulanan lumayan untuk seri damkar ini saja, rata-rata delapan unit terjual,” ujar Sulis Antoyo selaku Manager CV. Triwira Jaya, perusahaan karoseri Viar, anak usaha PT Triangle Motorindo, Rabu 20 Maret 2019.   

Motor yang mengusung mesin berkapasitas 200 cc itu memiliki tangki air hingga 500 liter yang dinilai cukup melakukan pertolongan pertama kebakaran khususnya di pemukiman padat dengan gang kecil yang susah terakses mobil pemadam.

Motor Damkar Viar ini dalam e-katalog dibanderol dengan harga Rp 55,8 juta per unitnya. Seri damkar Viar ini menjadi varian tertinggi untuk rilisan roda tiganya yang harganya dimulai dari Rp 20 jutaan.

Dengan dimensi luar yang berukuran 180x 120 x 100 cm, motor ini diklaim sangat lincah bermanuver di kampung padat yang sulit terakses roda empat saat terjadi peristiwa kebakaran. Meski ukuran tangki airnya cukup besar.

“Sebenarnya kami menyediakan pula ukuran tangki air sampai 900 liter, namun itu tak dicantumkan dalam e-katalog karena standar maksimum hanya boleh 500 liter, jadi opsi saja jika dibutuhkan,” ujarnya.

Tangki air besar motor damkar Viar ini dilengkapi selang hydrant sepanjang 20 meter dan didukung system rangkaian bolak-balik (sedot-dorong). Motor inijuga dilengkapi lampu sirene (optional).

Sulis menuturkan pihaknya meyakini bisa tetap memimpin pasar motor damkar di Indonesia karena sejumlah keunggulan.

“Kami memiliki jaringan cabang di hampir seluruh provinsi Indonesia, jadi untuk servis dan suku cadang mudah diperoleh, itu layanan yang dicari konsumen,” ujarnya. (Ad.Wic)