Menu Click to open Menus
Home » News » Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara Hardjolukito Bangun Paviliun Untuk Pasien Kejiwaan

Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara Hardjolukito Bangun Paviliun Untuk Pasien Kejiwaan

YOGYAKARTA: Diterimanya predikat sertifikasi Paripurna membuat manajemen Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) dr S Hardjolukito meningkatkan fasilitas pelayanan dan sarana prasarananya.

Salah satunya dengan rencana pembangunan paviliun berkelas VIP untuk pasien-pasien kejiwaan.

“Insya Allah kami segera punya paviliun khusus untuk pasien psikiatri atau kejiwaan. Ini nanti paviliuannya lux karena pertama kali serta satu-satunya tempat perawatan dengan standar tinggi untuk pasien kejiwaan yang ada di DIY,” papar Kepala RSPAU dr S Hardjolukito Yogyakarta Marsma TNI DR. dr. Isdwiranto Iskanto Msc, SP.BS., Sp. K, Senin (18/3).

Isdwiranto menyebut pavilliun untuk pasien penyakit jiwa yang akan dibangun satu lantai dengan menempati lahan sekitar 500 m2 di dalam areal kompleks RSPAU dipastikan berbeda dengan tempat sejenis lainnya yang sudah ada di DIY.

Selain tentunya fasilitas yang lebih mewah, untuk konsep tempat perawatannya juga dibuat berbeda dimana pada paviliun nantinya ini akan dibuat 12 sampai 14 kamar untuk tahap awal pembangunannya.

Berbeda dengan tempat perawatan sejenis dimana dibuat dalam bentuk bangsal.

“Kami membuat seperti ini untuk lebih membuat privasi pasien terjamin. Sebab, banyak saat ini pasien dengan sakit jiwa atau depresi datang dari kalangan orang mampu, tapi mereka malu kalau dirawat di rumah sakit yang tidak punya akses untuk menjaga privasinya. Nah, kami akan menyediakan itu (privasi) lebih terjamin. Termasuk juga tak hanya pasien penyakit jiwa, tapi paviliun ini bisa digunakan untuk perawatan mereka yang menjalani rehabilitasi narkoba,” papar jenderal bintang satu itu.

Isdwiranto mengungkapkan meskipun ada kecenderungan peningkatan jumlah pasien jiwa saat ini padahal penyakit tersebut tidak tercover BPJS, namun pembangunan paviliun itu nantinya merupakan bentuk inovasi yang dilakukan rumah sakit.

“Untungnya kami sudah BLU (Badan Layanan Umum) jadi pembangunan paviliun ini salah satu bentuk inovasi kami menangkap peluang itu. Meski tidak tercover BPJS ya,” kata dia.

Peletakan batu pertama paviliun akan dilakukan langsung oleh Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM Senin (18/3) siang.

Selain mengawali peletakan batu pertama, Kasau juga sekaligus meresmikan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) termasuk menerima bantuan satu unit ambulance dari pihak sponsor.

“Ruang IGD ini hasil renovasi berupa perluasan ruangan dan penambahan sejumlah fasilitas. Sebelumnya luasan hanya 500 m2, sekarang yang baru ini hampir mencapai 1.000 m2,” jelas Isdwiranto.

Menjalani renovasi sejak Oktober 2018 dan selesai akhir Desember tahun lalu, penambahan fasilitas di IGD terbaru itu dapat dilihat dengan banyaknya kamar-kamar penanganan bagi pasien gawat darurat. Termasuk ada juga ruang ginekologi, ruang khusus bedah minor, ruang IGD untuk pasien VIP sampai ruang tunggu keluarga pasien.

“Di tengah operasional kami menjalankan rumah sakit ini berkonsep hotel agar pasien tidak paranoid maka kehadiran Kasau yang akan meresmikan sejumlah fasilitas nanti itu menunjukkan dukungan dari pimpinan terlenbih dengan status kami sebagai rumah sakit pusat,” tandas Isdwiranto. (Ad.Wic)

Tags:
Categorised in:

No comment for Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara Hardjolukito Bangun Paviliun Untuk Pasien Kejiwaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.