GARBI DIY Ormas Beragam Elemen, Bukan Sempalan PKS
dav

YOGYAKARTA: Wadah Gerakan Arah Indonesia Baru (Garbi) yang digagas oleh Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah kerap dituding sebagai gerakan sempalan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Itu pandangan dan opini masyarakat yang tidak benar soal Garbi,” ujar Ketua Garbi DIY Luthfi Al-Fikri saat acara Garbi Night Gerakan Arah Baru Indonesia, Sabtu (16/3/2019) malam di Hotel Sahid Yogyakarta.

Lutfi memastikan anggapan tersebut tidak benar. Garbi yang dideklarasikan di Makassar pada 2018 itu hanyalah organisasi masyarakat (ormas). Para penggeraknya pun tidak ada niat mendirikan partai politik.

“Garbi ini ormas yang sifatnya terbuka merangkul semua kalangan. Kami yakin dengan kerja sama yang baik antara ormas, pemerintah, pengusaha dan masyarakat, maka Indonesia akan menjadi kekuatan lima besar dunia,” ungkap Luthfi.

Luthfi menyatakan organisasi massa ini merupakan wadah bergabung semua elemen bangsa.
Pada gelaran Pemilu 2019, Garbi juga tidak memihak salah satu pasangan capres.

Setidaknya ini terlihat dari beberapa tokoh yang diundang hadir malam itu. Tampak antara lain Wakil Ketua DPRD DIY Darma Setiawan, Ketua DPW PAN DIY Nazarudin, anggota DPRD DIY Zuhrif Hudaya serta tamu undangan dari unsur pemerintah, Nahdhatul Ulama (NU), Muhammadiyah maupun MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Pada acara bertema Menjadikan Indonesia Kekuatan 5 Besar Dunia itu sedianya dihadiri Fahri Hamzah tetapi yang bersangkutan berhalangan karena dalam kondisi sakit.

Melalui pesan video yang disimak ratusan peserta Garbi Night, Fahri Hamzah menyatakan bangsa Indonesia harus bersemangat dan optimistis mengejar ketertinggalan. “Kita harus bangkit sehingga Indonesia menjadi baldatun thayyibatun war rabbun ghafur,” kata dia.

Satu rangkaian dengan Garbi Night, esok harinya Minggu (17/3/2019) pagi digelar Deklarasi Garbi DIY yang dihadiri tokoh nasional Mahfudz Siddiq yang juga tokoh Garbi tingkat nasional.

Acara yang berlangsung di Lapangan Sidokabul Umbulharjo Kota Yogyakarta ini dihadiri ribuan orang, dimeriahkan kegiatan senam dan pengundian doorprize. (Ad.Wic)