Ternyata Ini Rahasia Persija Jakarta Gulung PSS Sleman 2-0

YOGYAKARTA: Tim Macan Kemayoran Persija Jakarta lolos mulus ke babak 8 besar Piala Presiden 2019 setelah mencukup tuan rumah PSS Sleman dengan skor 2-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (15/3/2019).

Kedua gol Persija Jakarta diborong oleh Bruno Matos (59′,83′)

Atas kemenangan itu, Macan Kemayoran menjadi juara grup D, menggeser Madura United.

“Saya berterima kasih kepada seluruh pemain dan suporter. Dukungan yang luar biasa kepada kami. Kasih motivasi tambahan untuk tim,” ujar pelatih kepala Persija Ivan Kolev usai laga.

Ivan menuturkan sangat bersyukur Persija bisa mendulang poin penuh dalam kondisi kelelahan. Sebab dalam 10 hari terakhir ini, performa fisik Macan Kemayoran benar benar diuji berat. Persija menjalani setidaknya empat laga berurutan.

“Hal seperti ini (jadwal sangat padat) tidak pernah terjadi, sekalipun di Inggris. Tapi penampilan tim luar biasa. Kerja keras, ada progres positif di setiap pertandingan,” ujarnya.

Pemain Persija Shahar Ginanjar menuturkan puas dengan laga lawan PSS itu.

“Saya hanya ingin membayar kepercayaan pelatih saat diturunkan, setidaknya saya tidak membuat kesalahan yang bisa merugikan tim,” ujarnya.

Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro menuturkan laga lawan Persija berlangsung menarik.

“Kami sama sama bermain dalam tempo tinggi, sama-sama tampil terbuka. Kami punya banyak peluang, sayangnya hanya nyaris (gol) saja, secara keseluruhan tim, PSS cukup lumayan berkembang ke depan,” ujar Seto.

Seto menilai salah satu sumber kekalahan Super Elang Jawa itu karena terlalu banyak aksi individu yang tidak efektif dan efisien.

Dalam laga itu kedua tim langsung tampil sama agresiv sejak babak pertama. Saling serang kedua tim hampir tak pernah berjeda lama. Meskipun Persija Jakarta lebih banyak mendapatkan peluang menyerang, tetap saja tak berhasil mencetak gol di babak pertama.

Setelah memasuki babak kedua, baik Persija dan PSS tak mengendurkan serangan.

Baru di menit 59, Bruno Matos berhasil mencetak gol untuk Persija Jakarta setelah mendapatkan umpan dari sepak pojok yang dilakukan oleh Riko Simanjuntak.
Persija Jakarta unggul 1-0 dari PSS Sleman.

PSS Sleman sebenatnya sempat memiliki peluang menyamakan kedudukan di menit ke-65, namun upaya Shahar menggagalkannya.

Peluang untuk Persija kembali datang pasca pemain Persija Fitra Ridwan dilanggar oleh Wahyu Sukarta di area penalti. Bruno Matos kembali maju sebagai algojo dab sukses mencetak gol kedua bagi Persija. Skor menjadi 2-0 untuk Persija hingga laga berakhir. (Ad.Wic)