Sasar 100 Mata,    Widjanarko Center Gelar Operasi Katarak Gratis

YOGYAKARTA: Penyakit Katarak masih menjadi ancaman khususnya bagi mereka yang telah memasuki usia lanjut.

Gangguan berupa kekeruhan yang terjadi pada sebagian maupun keseluruhan lensa mata dan menyebabkan berkurangnya penglihatan dari penderita itu sebenarnya saat ini sudah dapat dicegah terutama jika diketahui lebih awal.

Memerangi katarak ini, muncul kolaborasi Widjanarko Center yang merupakan lembaga sosial perorangan bergerak dibidang kemanusiaan dan sosial, bersama PT Sido Muncul akan menyelenggarakan Operasi Katarak Gratis pada hari Minggu 7 April 2019 bertempat di RSUD Sleman.

Pelaksanaannya operasi gratis itu diprakarsai oleh Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Yogyakarta dan Poli Mata RSUD Sleman sebagai tempat pelaksana.

“Pada kesempatan operasi katarak yang dilaksanakan tanggal 7 April 2019 mendatang, kami bersama Perdami menargetkan 100 mata yang bisa dioperasi,” ujar Pimpinan Widjanarko Center, Marsda TNI (Purn) Dr Benedictus Widjanarko M.Si saat menberikan keterangan pers Sabtu (16/3).

Widjanarko mengungkapkan operasi katarak gratis ini dilakukan sebagai bentuk wujud kepedulian atas potensi yang masih terjadi di kalangan usia lanjut itu.

Widjanarko mengungkapkan dengan diselengarakannya operasi katarak ini, pihaknya ingin membebaskan warga Daerah Istimewa Yogyakarta bebas dari penyakit katarak, minimal dapat mengurangi penderita penyakit mata katarak.

Dari catatan Perdami DIY terakhir dalam setiap tahunnya, penderita katarak di setiap daerah tumbuh rata-rata 0,1 persen dari total penduduk.

Penyebab dari katarak ini sendiri mayoritas karena faktor usia. Selain itu, diabetes, rokok, infeksi rubella maupun kontak fisik (terkena pukul) juga menjadi penyebab terjadinya katarak.

Penyakit katarak mayoritas cenderung karena faktor usia. Namun, beberapa faktor lain juga mempercepat proses katarak.

Bagi warga yang ingin operasi katarak gratis bisa mendaftarkan dirinya di Posko Widjanarko Center, Jl Ireda No 82, Keparakan Kidul, Mergangsan, Yogyakarta atau langsung ke RSUD Sleman, Jl Bhayangkara No 48, Temulawak, Triharjo, Sleman.

Nantinya seluruh peserta yang sudah mendaftar akan dilakukan pengecekan (Screening) oleh pihak RSUD Sleman, pada satu hari sebelum pelaksanaan operasi katarak tersebut.

Untuk itu diperlukan peran serta masyarakat agar bisa mendaftarkan kerabat, teman, ataupun keluarganya yang terjangkit penyakit mata katarak supaya bisa dilakukan operasi gratis. (Ad.Wic)