Madura United VS Borneo FC, Sape Kerrab Ke 8 Besar

YOGYAKARTA: Tim Madura United memastikan diri melenggang babak delapan besar Piala Presiden 2019 pasca mencukur Borneo FC dengan skor tipis 1-0 pada laga terakhir Grup D Piala Presiden 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat sore 15 Maret 2019.

Gol semata wayang Laskar Sape Kerrab dicetak David Laly (75′).

Dengan hasil itu Madura United pun tinggal menunggu hasil laga Persija Jakarta vs PSS Sleman untuk menjadi juara grup D Piala Presiden 2019.

Pelatih kepala Madura United Dejan Antonic menuturkan ia sudah memprediksikan melawan Borneo di laga akhir pemainnya bakal lebih kerepotan.

“Kami punya empat peluang cetak gol di babak pertama tapi gagal, kami sudah perkirakan Borneo sangat kuat di laga akhir ini karena mereka main tanpa beban,” ujar Dejan usai laga.

Dejan mengakui di babak pertama gagal mendapat angka karena pemainnya masih terbawa untuk menciptakan gol cepat agar segera memimpin. Padahal Borneo saat itu sedang rapat-rapatnya melakukan pertahanan.

“Baru di babak kedua pemain kami bisa main lebih lepas dan saat itu Borneo juga mulai berkurang speednya. Kami syukuri gol dari free kick bisa mengantar kami lolos delapan besar,” ujarnya.

Jalannya laga sangat alot sejak babak pertama. Pertahanan sangat rapat diterapkan pelatih Borneo FC Fabio Lopez sehingga membuat Madura berulangkali kandas merangsek saat coba masuk area rawan Borneo.

Meski anak asuh Dejan Antonic itu sempat berhasil membangun beberapa kali serangan, toh lini belakang Borneo yang dikawal sang kapten Diego Michels tetap terlalu tangguh ditembus.

Alotnya laga membuat babak pertama hanya menuai skor kacamata alias 0-0 bagi dua tim. Lanjut babak kedua, Borneo masih belum juga mengubah startegi bentengnya dan hanya sesekali membangun sekarang. Pemain Madura sempat mengendurkan serangan sampai akhirnya peluang diperoleh di menit 75.

Tendangan bebas David Laly akhirny sukses menjebol gawang Borneo FC hingga skor 1-0 untuk Madura. Skor ini tak berubah hingga peluit panjang akhir babak berbunyi.

Bagi Borneo FC ini menjadi kekalahan ketiga di babak penyisihan Grup D Piala Presiden 2019. Borneo sebelumnya juga kalah saat lawan Persija Jakarta dan PSS Sleman.

Atas kemenangan itu Madura United memiliki total tujuh poin yang diperoleh dari total tiga laga di mana dua kali menang dan satu kali seri. Sementara Persija Jakarta berada di posisi kedua dengan mengemas empat poin berupa satu kali menang dan satu kali seri.

Jika Persija Jakarta meraih kemenangan melawan PSS Sleman, maka yang menjadi juara Grup D Piala Presiden 2019 adalah Macan Kemayoran.

Sebab, Persija Jakarta unggul selisih gol atas Madura United meskipun jumlah poinnya sama. (Ad.Wic)