Piala Presiden, Madura United Gilas PSS Sleman 2-0

YOGYAKARTA: Tim Madura United berhasil mencukur tuan rumah PSS Sleman dengan skor 2-0 laga perdana Grup D Piala Presiden 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa 5 Maret 2019.

Dua gol Madura United dicetak Alberto Beto Goncalves (11′) dan Alfath Fathier (87′).

“PSS belum dalam performa yang sebenarnya, saya melihat pemain masih terasa berat bermain di awal-awal pertandingan tadi,” ujar pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro usai laga.

Seto memaklumi anak asuhnya kurang solid dalam laga perdana itu. Para pemain anyar yang baru bergabung pun belum tampak klop meski secara individual menonjol.

“Ya ini menjadi tantangan saya ketika tim baru terbentuk langsung ada turnamen ini,” ujar Seto.

Seto menuturkan kurang solidnya permainan anak asuhnya dalam laga perdana itu masih tampak jelas dari beberapa indikator.

“Indikatornya (kelemahan PSS) bisa terlihat saat banyak salah passing, banyak berat di otot, ini perlu perubahan program latihan,” ujarnya.

Seto melihat skuad PSS kali ini masih sangat kurang dalam agresivitas. Beda jauh saat tim itu masih menjalani Piala Indonesia saat mereka dua kali mengalahkan Barito Putra baik di kandang dan tandang Februari 2019 lalu.

“Tak masalah dengan hasil ini, ini proses untuk nanti persiapan kompetisi (Liga 1), target saya pribadi sih di kompetisi,” ujarnya.

Adapun pelatih Madura United Dejan Antonic mengaku cukup puas dengan kemenangan laga perdana ini sebagai modal mental anak asuhnya menghadapi Persija Jakarta 8 Maret 2019 nanti.

“Kami puas karena pemain bisa menghadapi PSS yang punya materi pemain kuat, ini penting untuk kami lawan Persija nanti,” ujarnya.

Dejan menghitung dalam laga itu anak asuhnya sebenarnya memiliki tiga peluang namun hanya satu gol yang dihasilkan babak pertama. Baru kemudian dibabak kedua ia mengubah strategi karena agresivitas pemain mulai menurun.

Dalam laga itu anak asuh Dejan Antonic cukup mendominasi permainan di babak pertama dan kedua hingga membuat Super Elang Jawa kelabakan. Menit ke 3 berjalan, eks striker PS Tira yang kini bermain untuk Madura United Alexandar Rakic nyaris membobol gawang PSS yang dijaga Ega Rizky Pramana.

PSS yang laga perdana tampil tanpa dukungan puluhan ribu pendukungnya itu di babak pertama cukup kerepotan menghadapi gempuran skuad Greg Nwokolo cs sejak menit awal pertandingan.

Madura United yang gencar mengambil inisiatif menyerang mampu mencetak gol cepat pada menit ke-11 usai Beto mampu menyelesaikan umpan Greg Nwokolo dari sisi kanan pertahanan PSS dengam skor 1-0 untuk Madura sampai turun minum.

Di babak kedua permainan makij alot. Dua tim saling balas namun tak membuahkan gol apapun. Sampai akhirnya di penghujung laga, sontekan pemain belakang Madura Alfath Fathier berhasil kembali membobol gawang PSS dan skor menjadi 2-0. Skor ini tak berubah hingga peluit panjang wasit berbunyi tanda laga berakhir. (Mar)