Angin Kencang, Bis Wisatawan Gembira Loka Tertimpa Pohon Tumbang 

YOGYAKARTA: Angin kencang yang disertai hujan lebat kembali melanda Yogyakarta Jumat siang 1 Maret 2019.

Sejumlah kecamatan terdampak tak terkecuali kawasan wisata kebun binatang Gembira Loka yang saat itu masih dipadati wisawatan luar daerah.

Angin kencang yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB itu turut menumbangkan dua pohon di area parkir Gembira Loka.  Saat itu kurang lebih masih ada sepuluhan bis rombongan wisatawan yang terparkir.

Salah satu pohon berupa Watu dengan tinggi 10 meter dan diameter 15 sentimeter tumbang menimpa sebuah bus wisatawan asal Banyumas Jawa Tengah. Beruntung bus hanya mengalami beberapa goresan.

“Saat pohon tumbang rombongan wisatawan masih di dalam area kebun binatang, bus dalam keadaan kosong dan tergores bagian atapnya saja, tak sampai penyok,” ujar juru bicara Gembira Loka, Eros Yan Renanda Jumat (1/3).

Eros menuturkan, rombongan wisatawan asal Banyumas itu baru pulang sore harinya setelah suasana mereda. “Tadi dibantu petugas BPBD Kota Yogyakarta mensterilkan parkiran dan menyingkirkan pohon tumbang, bis masih bisa berjalan normal dan wisatawan bisa pulang dengan baik,” ujarnya.

Sedangkan satu pohon tumbang lainnya tak mengenai apapun di kawasan parkir itu.

Eros menuturkan, angin kencang itu juga tak sampai mengakibatkan kerusakan di area dalam kebun binatang. Tak ada pohon tumbang di dalam kebun dan juga tak ada wisatawan juga satwa yang terluka.

Eros menuturkan jika di area kebun binatang terjadi hujan deras, ada sedikitnya 30an gazebo yang bisa dipakai berteduh wisatawan.

“Kami selalu himbau melalui alat pengeras saat hujan deras, agar wisatawan tak berteduh di bawah pohon,” ujarnya.

Manajer Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusdalops) BPBD DIY Danang Samsurizal menuturkan area terdampak angin kencang pada Jumat siang antara lain Kecamatan Kotagede, Wirobrajan dan Ngampilan.

“Tak ada korban luka maupun jiwa, namun pohontumbang menimpa sejumlah sarana dan kendaraan warga,” ujarnya.

Angin kencang juga memberikan dampak kerusakan di Kabupaten Bantul. Meliputi Kecamatan Banguntapan di mana menimpa komplek Akademi Angkatan Udara (AAU).

“Dampak angin di AAU ada pohon talok diameter 30cm tumbang menutup akses jalan komplek,” ujarnya. Sedangkan di halaman Parkir RS Hardjolukito, Banguntapan angin kencang merobohkan dua pohon ketapang masing-masing diameter 30cm tumbang menimpa 2 mobil yang sedang parkir (Innova plat AA dan Avanza plat N). (Ad.Wic)