Di Deklarasi Dai Pro-Jokowi, Yusuf Mansur Ajak Juga Doakan Prabowo

YOGYAKARTA : Sekitar 500 orang dai dan mubaligh se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendeklarasikan diri mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin. Tampak hadir Ustaz Yusuf Mansur yang mengajak seluruh hadirin juga mendoakan Prabowo-Sandi.

Para dai dan mubaligh berasal dari pondok pesantren dan madrasah seluruh kabupaten dan kota se-DIY. Nampak hadir juga dalam acara tersebut Kiai Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah, dan Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding.

Yusuf Mansur seusai deklarasi menyebutkan dirinya diundang untuk hadir dalam deklarasi ini. Dia diberi kesempatan untuk memberikan tausiyah.

“Ini momen untuk membuktikan akhlak pesantren, madrasah, ulama, ustaz, dai, berkampanye dengan cara berbeda. Tidak balas jika dimaki, direndahkan, dicaci, dan tidak memulai memaki atau mencaci,” ujarnya. 

Yusuf juga mengulangi salah satu pernyataannya saat memberi tausiyah di acara deklarasi, bahwa dia mengajak umat pendukung Jokowi untuk tidak hanya mendoakan paslon Jokowi-Ma’ruf, tapi juga mendoakan kubu Prabowo-Sandiaga Uno. 

“Karena biar bagaimanapun ini adalah kita, kita adalah Indonesia. Suka tidak suka, misalnya nanti Gerindra ada di DPR, kalau kita kemudian salah mendoakan nanti akan menjadi masalah juga. Suka atau tidak suka misalkan yang kalah pun tetap akan menjadi pemimpin bangsa ini,” urainya. 

“Kita bisa minta menang, tapi kita bisa minta Allah menyelamatkan yang kalah kan, bukan ‘ya Allah menangkan kami dan hancurkan yang lain’, nggak begitu doanya. ‘Menangkan kami tapi damaikan dan persatukan kami’, doa yang baik lah,” imbuhnya. (Mar)